Pengertian Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP dan contoh RPP SD SMP,SMA

11:28:00 AM
apa pengertian silabus dan apa yang dimksud dengan silabus, silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu. Tentunya yang mencangkup standar komptense.Kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, serta sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan dunia pendidikan. Sedangkan arti dari Rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang biasa di singkat dengan pengertian RPP adalah Rencana yang menggambarkan prosedur manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi serta dijabarkan dalam silabus.

Setelah kita tahu apa itu silabus dan pengertian silabus atau pengertian RPP atau Rencana pelaksanaan pembelajaran. Sekarang kita masuk pada Prinsip prinsip yang ada dalam silabus atau prinsip Rpp.  Kita ulas dulu prinsip mengenai silabus, yaitu Prinsip pengembangan silabus.


Baca Juga Artikel:  Cara Browsing tampa Paket data serta bisa internetan meskipun tampa Paket Data






Pengertian Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP


1. Prinsip pengembangan Silabus

Prinsip pengembangan silabus diserahkan sepenuhnya pada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu untuk melaksanakanya. Oleh karena itu,setiap satuan pendidikan diberikan kebebasan dan keleluasaan untuk mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi serta kebutuhan masing masing. agar pengembangan silabus sesuai dengan satuan pendidikan tetap berada dalam pengembangan kurikulum Nasional, maka perlu memperhatikan prinsip prinsip pengembangan silabus yang meliputi antara lain.

  • Ilmiah
  • Relevan
  • Konsisten
  • Memadai
  • Aktual dan kontektual
  • Fleksibel
  • Menyeluruh



2. Prinsip Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP


Prinsip Pengembangan  Rencana pelaksaan pembelajaran harus memperhatikan perhatian serta karakteristik peserta didik terhadap materi standar yang akan dijadikan bahan kajian.Itulah perbedaan prinsip silabus dan prinsip rencana pelaksanaan pembelajaran atau rpp yang biasanya disebut dengan Rpp. Lalu, secara garis besar apa perbedaan silabus dengan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP.


1.Silabus

  • Dalam silabus untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjaran lebih lanjut dari standar kompetensi dasar yang ingin dicapai pokok pokok serta tujuan yang ingin dicapai tentunya.Silabus dibuat dalam satu semester

2.Rencana pelaksanaan pembelajaran RPP

  • RPP yang mengambarkan prosedur serta managemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus

Demikianlah ulasan mengenai pengertian silabus dan pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran rpp yang mungkin bisa menambah informasi anda dengan membaca artikel singkat ini. Admin mohon maaf jika ada  salah kata dalam penulisan artikel diatas.






Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »