Cara menjaga kesehatan telinga

11:10:00 AM
Cara menjaga kesehatan telinga.Banyak orang yang mengalami gangguan pada telinga dan penderanya,untuk itu penting rasanya menjaga kesehatan pada telinga. Telinda yang sehat dapat menerima pendengaran yang baik,dengan adanya telinga yang sehat akan membuat kita lebih mudah dalam mendengar. Penyebab Umum terjadinya kerusakan pada pendengaran adalah kotoran telinga yang sudah menumpak,kotoran,tumor,serta masuknya benda asing kedalam telinga sehingga kotoran tersebut menyumbat pendengaran anda.Jika hal ini tidak dilakukan pengobatan yang serius tentunya akan dapat membuat anda tuli atau tidak bisa mendengar dengan baik dan sempurna.

Bebebrapa Tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan telinga anda
  • Gunakan penyumbat telinga disaat anda bekerja atau melakukan aktifitas yang bising
  • memilih alat terbaik dalam perawatan telinga anda
  • Biarkan telinga istirihat dengan cara menghindari mendengar hal hal yang dapat merusak kesehatan telinga anda
  • Kecilkan Volume disaat anda mendengarkan lagu
  • Bersihkan telinga secara berkala dan teratur

Cara menjaga kesehatan telinga


1.Hindari lingkungan yang bising

Lingkungan yang bising akan mengganggu pendengaran anda, situasi yang bising akan membuat alat telinga menjadi rusak. Untuk itu hindari lingkungan yang berbau bising sebisa mungkin untuk menjaga dan merawat kesehatan telinga.Namun jika anda bekerja pada tempat yang memang bising, sebaiknya anda gunakan alat penyumbat telinga agar telinga anda tidak cepat rusak akibat suara yang bising. Jagalah telinga anda dengan baik, tampa pendengaran yang sempurna pasti dunia ini tidak akan terasa indah lagi. Jagalah pemberian yang kuasa dengan sebaik baiknya.

2.Bersihkan Telinga secara teratur

Membersihkan telinga secara teratur dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan telinga,bersihkan dengan alat yang lembut agar tidak terjadi kerusakan atau iritasi pada telinga. Lakukan pembesihan telinga secara pelan pelan saja, jangan anda menggunakan cutton pembersih telinga secara keras, karena hal ini bukanya dapat membersihkan telinga anda, namun sebaliknya hal ini dapat merusak telinga anda dan akan membahayakan kesehatan telinga anda.

3.cara mengunyah makanan

mengunyah makanan yang benar juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan pada telingga. Lakukanlah mengunyah dengan baik dan benar agar kesehatan pada telinga dapat terjaga. Mengunyah makanan yang salah akan dapat berefek buruk pad pendengaran telinga anda, karena hal itu saling berkaitan dalam organ tubuh kita, jadi sebaiknya lakukan cara mengkomsumsi makanan dengan baik dan benar, hindari makan dengan terburu buru.

4.Hindari mengorek telinga ketika gatal

mengorek telinga terlalu keras dapat merusak system pada alat telinga, untuk itu hindari mengorek telinga yang keras.Hal ini dapat merusak indra pendengaran anda meskipun tidak dalam jangka singkat, lama kelamaan jika anda melakukan mengorek telinga ketika gatal, hal ini akan berefek buruk pada telinga anda. Sebisa mungkin hindari kebiasaan buruk anda mengorek telinga di saat gatal. Perbaiki cara merawat kesehatan telinga anda dengan baik dan benar.

5.Tidak perlu terlalu bersih

jika anda membersihkan telinga terlalu bersih, hal ini juga akan berdampak buruk pada system pendengaran telinga,karena dapat membuat telinga menjadi kering. Jika anda melakukan perawatan telinga terlalu bersih, bulu bulu pada lubang telinga anda juga akan ikut keluar, padahal bulu bulu pada lubang telinga tersebut berfungsi untuk menghambat kotoron masuk ke lubang telinga anda, sehingga kotoran atau debu tidak lansung masuk ke telinga anda, karena sudah di saring oleh bulu bulu yang ada pada lubang telinga kita.

6.Hindari penggunaan alat penyambung media atau handset terlalu lama

Penggunaan handset terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada alat pendengaran telinga, karena radiasi yang di pancarkan oleh alat itu sangat membahayakan alat pendengaran. Jadi usahakan jangan menggunakan alat tersebut terlalu lama atau dalam jangka lama yang tentunya dapat merusak kesehatan telinga. Alat alat canggih tentunya memiliki enegri yang sangat tinggi, ada juga yang memiliki inframera yang sangat kuat yang dapat mengganggu pendengaran jika terlalu sering menggunakan atau terlalu lama dalam menggunakan alat tersebut. Sinyal yang kuat pada handseat sangat berbahaya bagi kesehatan kita, apalagi buat telinga yang secara lansung kita sambungkan dengan arus listrik. Jagalah telinga anda dari hal hal yang dapat merusak kesehatan telinga anda, mencegah lebih baik dari mengobati.


7. Jangan ditunggu merawat telinga

Jika anda merasa ada yang tidak beres pada pendengaran anda, sebaiknya anda segera memeriksa kesehatan telinga anda kerumah sakit.karena jika anda mengabaikan hal ini tentunya sangat buruk bagi kesehatan telinga anda. Jangan sekali kali anda mengabaikan hal ini, apalagi menunggu hingga telinga anda sakit parah baru anda mengontrol kesehatan telinga anda, hal ini sangat salah jika anda lakukan. Bagaimana menurut anda cara merawat telinga agar selalu sehat yang sudah kami sajikan dalam artikel diatas, cukup mudah bukan untuk diterapkan agar telinga tetap bersih dan sehat selalu, agar pendengaran anda lancar dan tidak ada masalah kerusakan pada alat pendengaran anda. Banyak cara yang dapat anda lakukan agar alat pendengaran anda tidak sakit atau terganggu, itu semua tergantung dari cara anda merawat kesehatan telinga anda. Perawatan telinga secara teratur dan berkala dapat membuat telinga menjadi sehat serta terhindari dari bahaya bahaya penyakit telinga dan pendengaran.

Demikianlah artikel singkat tentang cara menjaga dan merawat kesehatan telinga, semoga dengan adanya artikel singkat ini dapat membantu kesehatan pada telinga. Terima kasih atas kunjungan anda pada blog ini.admin sangat bangga sekali jika apa yang admin tulis ini dapat bermanfaat bagi orang banyak, ya meskipun hanya lewat tulisan yang bisa admin sampaikan.  Semoga apa yang admin tulis dapat mengatasi masalah kesehatan telinga serta cara merawat telinga agar tetap sehat dan bersih.

Kata kunci Terkait


Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »