Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok

10:47:00 AM
Rambut rontok tidak hanya terjadi pada kaum wanita saja, namun rambut rontok juga banyak dialami oleh kaum pria,banyak tanda tanda penyebab terjadinya rambut rontol, gejala gejala rambut rontok dan cara mengetasi rambut rontok.rambut rontok akan mengurangi rasa percaya diri dalam beraktifitas sehari hari, bagaimana tidak pada saat melakukan aktifitas ada saja rambut yang jatuh, tentunya hal ini dapat mempengaruhi berkurangnya rasa percaya diri kita dalam beraktifitas. Untuk itu ada bagusnya kita ketahui penyebab rambut rontok,dan bagaimana cara mengatasi rambut rontok pada pria maupun pada wanita.

1.Penyebab rambut rontok yang disebabkan oleh gangguan hormon

Ada beberapa hormon yang dapat mempengaruhi terjadinya rambut rontok,yaitu hormon alopesia androgenetik Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata, rambut rontok bisa terjadi karena gangguan hormon.hormon ini banyak terjadi yang menyebabkan kebotakan pada rambut,dengan persentase 70% pada pria dan 40% pada wanita,kebotakan karena gangguan hormon ini merupakan gejala keturunan.

2.Penyebab rambut rontok yang disebabkan oleh pengaruh gizi makanan

Penyebab rambut rontok bisa terjadi akibat kurangnya asupan gizi dan vitamin yang kita komsumsi,kulit kepala merupakan tempat dimana rambut tumbuh dan menempelnya akar rambut.Dapat kita bayangkan jika kulit kepala kita tidak sehat apalagi tidak subur,sudah dipastikan rambut akan mengalami kerusakan,salah satu yang terjadi adalah rambut rontok.Keseimbangan makanan gizi dan vitamin sangat penting kita perhatikan untuk menunjang kesehatan kulit kepala yang dapat membantu mengatasi rambut rontok.



















3.Penyebab rambut rontok yang disebabkan oleh bahan kimia

rambut rontok bisa disebabkan oleh berlebihnya dalam pemakaian bahan kimia dalam perawatan rambut, pewarnaan rambut yang sering dan dengan menggunakan dosis yang banyak dapat memicu terjadinya rambut rontok dan rusak.sebelum anda melakukan perawatan rambut dengan bahan kimia, telitilah bahan bahan yang akan anda gunakan,zat yang berlebihan sudah dipastikan dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut serta membuat rambut menjadi rontok.

4.penyebab rambut rontok akibat obat obatan

Obat obatan yang berlebihan dapat mengakibatkan rambut rontok, salah satu obat yang dapat membuat rambut rusak atau rontok adalah obat penanganan depresi,obat pengecer darah,obat kemotereapi, serta kontrasepsi, kerontokan dapat diatasi jika penggunaan obat obatan ini di hentikan.

5.Penyebab rambut rontok yang disebabkan oleh kencangnya mengikat rambut

Mengikat rambut terlalu kencang atau erat,dapat memicu kerusakan pada rambut yang bakal membuat rambut rontok,rambut yang di ikat dengan kuat dapat menyebabkan tercabutnya akar rambut,serta rambut anda akan menjadi rontok dan tidak sehat, hindari mengikat rambut dengan karet,karena karet snagat rentan membahayakan kerusakan pada rambut serta menjadikan rambut rontok.


Cara mengatasi rambut rontok

Mengatasi rambut rontok tidaklah sesusah atau serumit yang anda bayangkan selama ini,asalkan kamu mau mengikuti langkah langkah dalam mengatasi rambut rontok seperti cara mengatasi rambut rontok dibawah ini.

1.cara mengatasi rambut rontok dengan sarapan teratur

Sarapan yang teratur dapat membuat kita sehat,disamping itu sarapan yang teratur juga dapat membantu mengatasi rambut rontok. saat sarapan sebaiknya komsumsi makanan yang mengandung protein,gizi dan vitanin yang baik untuk tubuh dan rambut. kekurangan protein seperti ( daging merah, telur ayam dan lainya) dapat menghambat pertumbuhan atau keratin pada rambut. Untuk itu jika biasanya kamu malas untuk mengkomsumsi makanan yang mengandung protein,gizi dan vitamin seperti makanana diatas, untuk saat ini mulailah untuk mengkomsumsinya agar tubuh dan rambut menjadi sehat.

2. cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun/olive oli. 

Kita tahu akan manfaat yang di kandung  oleh minya zaitun, mulai dari ujuang rambut sampai ujung kaki dapat dibantu oleh manfaat minyak zaitun. untuk mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun sangat mudah digunakan, yaitu tungkan minyak zaitun ke sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, olehkan minyak zaitun dari ujuang sambil memijat lebih kurang selama 2-4 menit.

3. Cara mengatasi rambut rontok menggunakan lidah buaya

Tanaman lidah buaya sudah dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat yang dapat di manfaatkan untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut, selain itu lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai ramuan untuk mengatasi rambut rontok. Lalu bagaimana cara menggunakan lidah buaya sebagai ramuan mengatasi rambut rontok.


  • Ambil lidah buaya, kemudian anda cuci hingga benar benar bersih.Kemudian belah hingga menjadi dua bagian,Lalu lendir yang keluar dari belahan lidah buaya tadi kamu oleskan pada bagian rambut kamu sampai merata, diamkan selama lebih kurang 10 menit sampai lendir lidah buaya meresap ke akar rambut, kemudian anda bisa mencuci rambut atau melakukan keramas sampai bersih. Nah, demikianlah cara perawatan rambut menggunakan lidah buaya yang sangat baik untuk kesehatan rambut alami.
4. Cara mengatasi rambut rontok menggunakan teh hijau 

Teh hijau juga dapat kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut, merawat rambut dengan menggunakan teh hijau sangat baik bagi kesehatan rambut. Teh hijau dapat membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah menuju akar rambut, sehingga dengan demikian rambut akan menjadi sehat dan lebat serta terhindar dari rambut rontok. cara menggunakan teh hijau sebagai ramuan untuk mengatasi rambut rontok sangat mudah. Teh hijau dapat membantu membuat rambut menjadi lembut,halus serta terhindari dari kerontokan yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

5.Cara mengatasi rambut rontok menggunakan  minyak kemiri

Minyak kemiri juga bisa anda jadikan sebagai salah satu bahan untuk merawat rambut agar rambut tidak rusak serta terhindar dari kerontotakn rambut,minyak kemiri banyak memiliki khasiat untuk kesehatan rambut sehat alami, di antara kesehatan rambut yang dapat kamu miiliki dari manfaat minyak kemiri ini aldalah sebagai berikut.
  • Memperkuat akar rambut sehingga rambut menjadi sehat serta terhindar dari rambut rontok serta rambut rontok
  • Melindungi rambut dari radikal bebas ( polusi, debu, asap kendaraan ) sehingga hal ini akan mengurangi kerusakan pada rambut
  • Minyak kemiri dapat meransang pertumbuhan rambut, terutama pada rambut botak, gunakan minyak kemiri secara rutin agar memicu pertumbuhan rambut anda
  • Mengurangi atau bahkan bisa mengatasi ketombe pada rambut
  • Menyuburkan dan mempercepat pertumbuhan pada rambut, sehingga rambut menjadi lebat dan hitam berkilau
Nah, demikianlah cara mengatasi rambut rontok dengan bahan bahan alami herbal yang tidak akan merusak rambut anda. Sebenarnya banyak jenis tumbuh tumbuhan yang dapat kita manfaatkan untuk pengobatan maupun untuk perawatan, salah satunya perawatan rambut rontok dengan menggunakan bahan bahan alami dari alam. Semoga dengan artikel ini bisa membatu mengatasi masalah kerusakan rambut anda

Kata Kunci terkait


Jika Bermanfaat, Mohon Bagikan Artikel ini:
Sebelumnya
Next Post »